MEMAHAMI AKHLAK KEPADA ORANG TUA, KEPADA GURU DAN KEPADA SESAMA MENGGUNAKAN METODE INQUIRY MINDS WHAT TO KNOW

Bismillahirrahmanirrahiim......
ALHAMDULILLAH, ungkapan syukur yang wajib selalu kita ucapkan atas segala nikmat Allah.
Hari Selasa, 18 Februari 2020 yang lalu ketika akan mengajar materi Akhlak Kepada Orang Tua, Kepada Guru dan Kepada Sesama, saya sempat galau mau mengajar pakai metode apa yang bisa membuat anak-anak itu bisa paham, bisa mengerti dan yang terpenting lagi bisa memotret kesehariannya apakah sudah memiliki akhlak ketika bergaul dengan orang tua, guru dan sesama.
Setelah saya melakukan "perenungan" dengan membaca buku strategi pembelajaran, akhirnya saya menemukan satu metode yang menurut saya cocok untuk memenuhi cita-cita saya tersebut. Nama metode itu adalah inquiry minds what to know, mohon maaf bukan sombong ya, karena menggunakan istilah asing tapi memang nama metodenya itu dan kalau saya di tanya artinya apa, mohon maaf banget saya belum tahu karena belum saya tanyakan ke guru Bahasa Inggris. Tapi saya paham inti dari metode itu adalah membawa siswa untuk berpikir mencari tahu apa yang akan mereka lakukan ketika mereka selesai menerima pembelajaran.
Tentunya metode tadi harus saya lengkapi evaluasi untuk mengukur bagaimana keseharian mereka ketika bergaul dengan orang tua, guru dan sesama, akhirnya di pertemuan yang akan sudah saya siapkan lembar kerja (LK) yang isinya membandingkan akhlak kepada orang tua, guru dan sesama sesuai dengan al qur'an dan hadits yang pada pertemuan ini sudah mereka rumuskan dengan akhlak mereka sehari-hari apakah sudah sesuai, kalau belum sesuai maka apa yang harus mereka segera lakukan.
Agar semangat kelompok yang paling semangat ditandai dengan mengerjakan dengan kompak, dan bisa disiplin waktu akan mendapatkan bintang dan kelompok yang bintang paling banyak pada pertemuan berikutnya akan mendapatkan hadiah. PERLU DIINGAT YA CARA SEPERTI INI SEDERHANA TAPI CUKUP EFEKTIF UNTUK BISA MEMBERIKAN SEMANGAT KEPADA SISWA.
Oh ya ada yang lupa, biar semua anggota kelompok bisa berkontribusi dan bisa menuangkan ide segarnya, maka saya wajibkan masing-masing anggota kelompok untuk membaca dan menuangkan kesimpulan dari bacaannya pada LK yang sudah disiapkan.
Nah, itu sedikit curhatan saya untuk edisi kali ini semoga bisa menginspirasi..Aamiin

 siswa sedang merumuskan hasil pemikirannya masing-masing ke dalam LK
(kelompok 1)
 siswa sedang merumuskan hasil pemikirannya masing-masing ke dalam LK
(kelompok 2)
 siswa sedang merumuskan hasil pemikirannya masing-masing ke dalam LK
(kelompok 3)
  siswa sedang merumuskan hasil pemikirannya masing-masing ke dalam LK
(kelompok 4)
 Skor yang diperoleh tiap kelompok
 LK hasil kerja siswa
  LK hasil kerja siswa
Let's Join With SMP AM 3, love qur'an, science and sport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar